Belajar Git

Belajar Git

20 Jul 2016. | By: Wachid

Untuk kerja sama tim dalam mengerjakan projek, kita membutuhkan sebuah tool untuk melakukan manajemen projek. kalo biasanya kita membagi beberapa pekerjaan dengan mengunakan beberapa folder dan kemudian setelah selesai baru di unggah agar bisa di revisi oleh tim lain maka kemudian di lakukan hal tersebut secara terus menerus hal ini akan menjadi sangat sulit jika projek yang kita buat sangat besar dan kesulitan mentracking history apa saja yang telah kita lakukan bahkan jika kita ingin mereset pekerjaan kita ke versi ssebelumnya juga akan menjadi sangat sulit.

Untung saja hal ini telah di pikirkan oleh para ahli sebelumnya dengan menghadirkan beberapa VCS (Version Control System) baik yang berbayar maupun tidak seperti Bazaar mercurial dan Git.

Lalu apa sih VCS?

Version Control System (VCS) adalah sebuah sistem yang dapat mencatat setiap perubahan dari sebuah file sedangkan git merupakan salah satu contoh version control system yang diciptakan oleh linus torvalds yang dulunya digunakan untuk memanajemen project kernel linux.

Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari VCS git yang cukup populer akhir-akhir ini.

  • Instalasi git dan Buat akun github/bitbucket.
  • Konfigurasi git
  • Buat repository baru dan belajar commit
  • Penjelasan Gitignore

Instalasi Git dan Buat Akun Github/Bitbucket

Instalasi git di linux

Tambahkan repository PPA pada linux lewat terminal.

$ sudo add-apt-repository ppa:git-core/ppa

lalu lakukan update

$ sudo apt-get update

dan terakhir install git

$ sudo apt-get install git

Instalasi Git di Windows

Untuk menginstal git di windows sangatlah mudah hanya dengan mendownload file installernya di laman git dan mengistlanya seperti biasa.

Jika instalasi selesai, lalu silahkan bagi yang belum membuat akun, anda dapat melakukan registrasi di Github/Bitbucket. Github/Bitbucket ini merupakan sebuah sebuah media social bagi developer, disana kita dapat melakukan upload project, berbagi project dan sebagainya.

Konfigurasi Git

Setelah tahap instalasi, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi git. Konfigurasi pertama yaitu melakukan setting global konfigurasi pada git. Jalankan perintah berikut.

$ git config --global user.name "Nur Wachid"
$ git config --global user.email "wachid@outlook.com"
$ git config --global color.ui true
Catatan: Bagi pengguna windows untuk konfigurasi sampai disini saja.

Jangan lupa sesuaikan dengan identitas anda. Langkah selanjutnya adalah kita akan mengenerate ssh key yang nantinya kita butuhkan untuk di upload ke github. ssh key ini menggunakan algoritma rsa sehingga dia mempunyai public dan private key. Untuk mengenerate ssh tersebut jalankan perintah berikut.

$ ssh-keygen -t rsa -C "wachid@outlook.com"

Oke selanjutnya kita akan melakukan copy dari isi ssh tersebut untuk github. Install terlebih dahulu xclip dengan perintah.

$ sudo apt-get install xclip

kemudian copy file ssh dengan perintah

$ xclip -sel clip < ~/.ssh/id_rsa.pub

Login ke akun gihub, lalu pilih menu setting pilih ssh key kemudian tambahkan ssh yang tadi kita copykan.

Kemudian untuk mengecek apakah ssh nya telah berhasil maka lakukan perintah berikut.

$ ssh -T git@github.com

Jika berhasil maka akan tampil seperti dibawah ini.

$ Hi Nur Wachid! You've successfully authenticated, but Github does not provide shell access

Buat repository baru dan belajar commit

Untuk membuat repository di gitub/bitbucket, silahkan anda login dan buat sebuah repository. Penulis membuat repository dengan nama Belajar-Git Jika sudah, anda dapat melakukan clone repository atau melakukan remote repository tersebut pada komputer anda.

buat Repository dan clone

Melakukan Clone Projek

Untuk melakukan clone repsitory sangat gampang. Pada bagian repository yang ada di Github/Bitbucket terdapat bagian url yang dapat kita copy yaitu ada pada bagian speeri gambar berikut ini.

Melakukan Clone Projek

Lalu copy dan clone dengan perintah

$ git clone https://github.com/turahe/blog.git

Memambahkan file ke dalam Repository

Untuk menambahkan file ke dalam repository seperti biasanya kita hanya menambahkan file kedalam direktory repository yang telah di buat.

Sebagai contoh kita akan menambahkan file readme kedalam repository.

$ touch readme

edit file readme, kemudian masukan tulisan hello world. Kemudian kita dapat melakukan pengecekan status git dengan perintah git status dan akan muncul.

$ git status
On branch master

Initial commit

Untracked files:
  (use "git add <file>..." to include in what will be committed)

	readme
nothing added to commit but untracked files present (use “git add” to track) 

lalu

$ git add readme

Melakukan Commit projek

Sesuaikan dengan repository anda. Kemudian buat sebuah file, disini penulis membuat sebuah file dengan nama readme kemudian masukkan tulisan hello word. Kemudian kita dapat melakukan pengecekan status git dengan perintah git status dan akan muncul.

$ git commit -m 'menambahkan file readme'
[gh-pages 4385e6c] menambahkan file readme
 1 files changed, 0 insertions(+), 0 deletions(-)
 create mode 100644 readme

Message atau pesan tersebut dapat diganti sesuia dengan keinginan anda. Kemudian upload semua file tersebut ke github dengan cara menggunakan perintah git push origin master, git akan meminta username dan password anda. Jika telah selesai, lihat repository github anda, dan disana telah terdapat file readme.

Melakukan Remote dan commit project

Untuk melakuakn remote sebuah project tidak jauh berbeda dengan clone sebuah project. Setelah membuat project pada github kemudian anda buat sebuah folder sesuai dengan nama project anda di github. Kemudian masuk ke root project dan lakukan inisialisasi git dengan perintah git init. Tahap selanjutnya anda lakukan remote dengan perintah

$ git remote add origin https://github.com/turahe/blog.git

Setelah selesai, anda download dulu source code yang sudah ada di github dengan perintah git pull origin master maka akan muncul file readme. Untuk melakukan commit dan push sama seperti perintah sebelumnya.

Mengunggah Reposotory ke Github/Bitbucket

Untuk menggunggah file ke repository dapat menggunakan perintah seperti berikut ini

$ git push -u origin master

untuk mengunggah reposotory yang ada pada branch master atau juga dengan perintah

$ git pull --all

Perintah tersebut untuk menunggah semua branch yang ada di file lokal.

Membuat .gitignore

Gitignore merupakan sebuah file yang berfungsi untuk mendeklarasikan file - file apa saja yang tidak akan di commit. File gitignore biasanya ditulis dengan nama .gitignore, file ini bersifat hidden sehingga untuk menampilkannya, kita harus melakukan perintah ctrl + H. Misalnya jika kita membuat project java dengan menggunakan maven, maka akan muncul folder target yang berisi kompalasi program maka folder tersebut kita daftarkan pada gitignore sehingga tidak akan di commit. Untuk mengetahui file apa saja yang yang di daftarkan pada gitignore untuk setiap bahasa pemrograman, anda dapat melihatnya di repository gitignore.

Berikut ini merupakan contoh file gitignore

# untuk file berikut ini tidak di track oleh git

_site
_assets
node_modules

# untuk file dengan ektensi berikut ini tidak di track oleh git

*.pdf
*.map
*.psd

untuk lebih jelasnya bisa download bukunya disini