10 Hal yang menyebabkan kuliah Lama

10 Hal yang menyebabkan kuliah Lama

10 Hal yang menyebabkan kuliah Lama

20 Jul 2016. | By: Wachid

Di kampus ada yang kuliahnya cepet banget ada juga yang lama banget sampai-sampai kena DO karena udah habisa masa kuliahnya. bukan karena anak itu bodoh tapi karena beberapa faktor berikut ini.

1. Kuliah karena terpaksa

Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bagi setiap orang tua. Dari lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar dan sukses. Bahkan memaksa anaknya untuk kuliahpun bisa saja mereka lakukan.. Berawal dari sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa, dia enggan untuk serius dalam kuliah, apalagi pengen cepat-cepat diwisuda.

Kuliah karena terpaksa

2. Salah jurusan

Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yang memiliki jurusan-jurusan favorit, menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan lain (yang tidak diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya adalah agar mereka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati.

Jurusan program studi

3. Terlalu menikmati kebebasan karena jauh dari ortu

Anak Mami kalau kita sering sebut, terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan dari orang tua (jauh dari ortu) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan lain-lainnya.

4. Sibuk mengikuti organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas

Tingkat Intelegency Emotional (IE) yang lebih besar daripada IQ mendorong mahasiswa untuk lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan-kegiatan atau bergabung dengan Ormas daripada belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabiskan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

5. Menekuni hobi secara berlebihan

Soft Skill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Hobi kalau dilakukan secara wajar itu baik, tapi kalau berlebihan, pasti mengganggu kegiatan lainnya. Beberapa hobi seorang mahasiswa antara lain: ngegame, ngeband, billiard, Playstation, ngenet, Futsal, dll.

6. Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)

Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa, terutama yang kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, ujung akhir dari kuliah adalah mendapat gelar sarjana yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. kalau kuliah saja sudah bisa punya uang sendiri, kenapa harus buru-buru lulus? Makanya mereka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

7. Tidak adanya jaminan kerja setelah lulus

Tidak adanya jaminan inilah yang paling banyak membuat mereka lebih milih lama kuliah daripada lama nganggur.. Prinsipnya : Rezeki itu sudah ada yang ngatur, dan kalau sudah rejeki, gak bakal kemana. Jadi, buat apa cepat-cepat lulus kalau ujung-ujungnya nganggur? Yang sudah sarjana saja banyak yang nganggur kok.

Tidak adanya jaminan kerja setelah lulus

8. Games

dateng ke kampus lebih awal dan pulangpun paling akhir tapi gak masuk kuliah, kok bisa? ya iyalah di kampus cuma maen game bareng temen, dari yang maen PES (game bola), maen catur, maen kartu, atau ke warnet deket kampus maen game online. kan aneh kalo lulus nanti trus di tanya kamu lulusan apa? saya sarjana esports pak!!

A: gue masuk dulu ya..

B: ntar aja lagi tanggung nih masa gw di tinggal sendiri, gw maen ama siapa?

A: gue udah 2x gak masuk ntar gw gak bisa ikut UAS!!

B: takut amat kaya mahasiswa baru aja, minggu depan kan masih bisa, lagian baru 2x kan syarat gak masuk 3x baru gak bisa UAS..

A: (duduk mesen kopi lanjut maen)

9. Rayuan teman

Masa di rayu aja bisa jadi alasan lama lulus? tentu bisa dong jenis rayuan itu kan ada 2, ada rayuan yang mengajak ke jalan yang benar dan ada juga yang mengajak ke jalan yang salah.

A: eh gue masuk dulu ya..

B: emangnya mata kuliah apaan?

A: biasa kewarganegaraan dah ngulang 3x gue mesti masuk nih!!

B: udah ngopi n ngerokok aja dulu kaya mahasiswa baru aja buru-buru amat..

A: (balik badan mesen kopi n rokok)

10. Terlambat

kadang ada juga dosen yang memberikan aturan tidak boleh masuk jika terlambat, sedangkan kalau dosennya sendiri yang terlambat tetep boleh masuk tuh, padahal namanya orang dalam perjalanan kan tidak selalu lancar bisa aja ada musibah di jalan..

Mhs : (buka pintu) permisi pak..

Dosen : jam segini kok baru dateng?

Mhs : umm.. tadi di jalan motor saya bocor pak..

Dosen : ya udah gpp, sekarang kamu tutup pintunya dari LUAR!!

Terakhir ini mungkin juga bisa menjadikan seseorang lama kuliah, karena beberapateman saya yang notabanenya anak kuliah banget saja harus ngerjain skripsi sampai 2 tahun.

Skripsi

Jangan kira kalau sudah skripsi bakal langsung lulus, justru pada tahap inilah seorang mahasiswa di uji kesabaranya dengan beberapa masalah yang di hadapi dari judul skripsi di tolak, dosen sulit di temui, revisi laporan tiada habis, gagal saat sidang, gagal skripsi karena telat (yang lain sudah sidang tapi kita masih bab 3) atau mungkin gagal skripsi karena ketauan copas..

Dosen selalu benar, mahasiswa selalu salah

Semoga teman-teman yang kuliah jangan sampai mendapatkan maslaah hal yang seperti di atas daan tetap selalu semangat untuk belajar.