Cara menulis skripsi dengan latex

Cara menulis skripsi dengan latex

25 Apr 2016. | By: Wachid

Pada tutorial kali ini kita akan menulis laporan, skripsi ataupun tesis dengan latex. Bagi yang belum biasa menggunakan Latex Mungkin akan sangat complicated alias sulit banget. Tapi bagi yang biasa menulis skripsi dengan LateX akan sangat mudah dan menyenangkan.

Mulai

Pada contoh berikut ini, saya menggunakan “main.tex” sebagai dokument utama untuk membuat sebuah dokumen LaTeX dan membagi-bagi beberapa bagian document dengan beberapa file. dimana diharapkan akan mempermudah kita mengatur dokumen.

Pertama kita menggunakan class report, karena class report di desain untuk menulis beberapa pargraf yang tidk terlalu panjang seperti buku. dan menggunakan besar huruf 12 font margin 4 4 3 3 dengan alasan itu merupakan standar dari laporan untuk kampus saya jika kamus kalian menggunakan format lain bisa di ubah sesui dengan ukuran yang di gunakan.

Sedangkan untuk beberapa gamabr saya simpan di folder images, agar ketika saya ingin menyisipkan gambar tinggal di sebutkan nama file saja.

documentclass[12pt]{report}
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage[left=4.00cm, right=3.00cm, top=4.00cm, bottom=3.00cm]{geometry}
\graphicspath{ {images/} }
\usepackage[english, main=bahasa]{babel} % paket bahasa indonesia

Setelah selesai dengan preamble dari buku kita lanjut ke bagian cover dimana kita menyisikan juduk dari juduk laporan, universitas, logo, nma institusi dan tahun laporan.

\title{
	{Thesis Title}\\
	{\includegraphics{university.jpg}}
}
\author{Author Name}
{\large Institution Name}\\
\date{Day Month Year}

Bagian Depan

Pada bagian depan biasanya terdiri dari lembar pegesahan, dedikasi, prakata/kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel. Maka formatnya seperti berikut ini.

\chapter*{Lembar pengesahan} 

\chapter*{halaman Persebamhan} 

\chapter*{Kata pengantar} 

\tableofcontents
\listoffigures
\listoftables
\cleardoublepage
\mainmatter

Bagian Utama

Bagian utama ini terdiri dari beberapa bab yang akan di bahasa pada laporan yang akan kita tulis untuk beberapa formatnya biasanya sperti berikut ini.

\chapter{PENDAHULUAN}
\input{bab/bab1}
	
\chapter{TINJAUAN PUSTAKA}
\input{bab/bab2}
	
\chapter{METODE PENELITIAN}
\input{bab/bab3}
	
\chapter{PEMBAHASAN}
\input{bab/bab4}
	
\chapter{PENUTUP}
\input{bab/bab5}

Pada kasus diatas kita mengunakan folder bab untuk mengumpulkan beberapa chapter yang akan di tulis.

Bagian Belakang

Okey, secara garis besar laporan yang kita buat telah selesai terformat rapi dengan di tulis memakai latex, sekarang, tinggal bagian belakang yang biasanya berisi lampiran dan daftat pustaka.

\appendix
\chapter{Judul lampiran}
\input{bab/appendix}